Mengenal Character Building Binus

Pernahkah Anda mendengar character building binus? Jika Anda termasuk orang yang sedang atau pernah menempuh studi di Binus pastinya sangat paham dengan adanya tugas pembangunan karakter atau sandal outdoor. Tugas ini memang sengaja diberikan oleh universitas agar peserta didiknya benar-benar memiliki kemampuan yang baik diluar ranah akademis. Ya, hal ini memang sangatlah bisa dibenarkan karena pintar akademis saja tidak akan cukup untuk meraih kesuksesan. Terlebih lagi ketika harus terjun dimasyarakat, jika tidak ada bekal pengalaman yang baik maka bisa jadi para lulusan Binus tidak bisa berbicara banyak. Sebenarnya, pembelajaran yang berupa praktik langsung dilapangan atau dimasyarakat seperti ini bukan hanya diterapkan oleh Binus saja. Sejak lama, berbagai universitas di Indonesia sudah mengenal istilah KKN untuk benar-benar mengabdi dan berbaur dengan masyarakat. Namun, untuk Binus ini memiliki konsep yang sedikit berbeda dan benar-benar membuat para mahasiswanya berfokus pada pembangunan karakter.

Berbagai acara tercipta pada tugas pembangunan karakter dari Binus ini. Para mahasiswa yang mendapatkan tugas ini benar-benar mempratkikkan apa yang diharapkan oleh universitasnya. Berbagai program terlaksana dan memang sangat berguna untuk para pelasakananya dan berguna pula untuk target acaranya. Namun memang, untuk bisa menjalankan tugas pembangunan karakter ini tidak bisa sembarang. Para penyusun acara atau program harus membuat proposal terlebih dahulu agar bisa mendapatkan gambaran yang jelas dan bisa dikontrol dengan baik oleh pihak universitas. Hal ini memang sedikit merepotkan namun tertib administrasi ini penting untuk membuat program berjalan dengan baik. Tidak hanya itu, setelah tugas ini selesai pun harus ada laporan yang jelas dengan format yang telah ditentukan. Menariknya, terdapat buku panduan untuk program pembangunan karakter Binus ini sehingga bias menjadi pedoman.

Itulah tadi ulasan lengkap tentang program pembangunan karakter dari Binus. Sebuah tugas yang sangat berguna ini memang akan menghasilkan banyak keuntungan terutama bagi pelaksananya. Dan tentu, program yang sangat baik seperti ini bisa menjadi inspirasi untuk lembaga dan universitas lainnya.