Ketahui Cara Memasang ADB Fastboot Mac OS Pada Komputer

Perlu disampaikan bahwa artikel ini akan membahas tentang cara memasang ADB Fastboot Mac OS pada komputer. Ya!! para ahli teknologi tampaknya tak pernah kehabisan ide cemerlang untuk menciptakan sebuah sistem baru yang lebih canggih. Belum lama ini, pengembang sistem android dari google meluncurkan sebuah aplikasi yang ditujukan untuk mempermudah pengolahan emulator (perangkat lunak) android. Aplikasi yang dimaksud, dikenal dengan nama Android Debug Bridge dan Fastboot atau adb  fastboot tool. Bagi Anda yang menekuni bidang komputer, pastinya Anda sudah tidak asing dengan aplikasi tersebut. ADB sendiri merupakan bagian dari Android SDK (Software Development Kit) yang bisa digunakan untuk mengatur perangkat android dan emulatornya. Sementara itu, Fastboot merupakan protokol yang digunakan untuk memperbaharui sistem pada android.

Sebenarnya, tidak hanya komputer dengan sistem operasi Mac OS saja yang bisa diisi aplikasi ADB Fastboot, tetapi sistem lain seperti Windows dan Linux pun bisa diisi dengan aplikasi ini. Namun, terdapat perbedaan cara pemasangan aplikasi ADB dan Fastboot pada masing-masing sistem tersebut. Adapun cara pemasangan ADB dan Fastboot pada Mac OS adalah sebagai berikut:

  1. Agar dapat memasangnya pada komputer, tentu Anda harus mengunduh aplikasi tersebut terlebih dahulu. Anda bisa mencari di google playstore atau pada link-link yang menyediakannya.
  2. Setelah proses pengunduhan selesai, pindahkan file hasil unduhan ke lokasi yang mudah diakses seperti desktop, kemudian bukalah terminal.
  3. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah merestart terminal dan menunggu hingga proses installisasi selesai. Dengan demikian, ADB Fasboot pun akan tersedia di komputer Anda.
  4. Apabila suatu saat Anda ingin meng-unistall, maka jalankan ADB-uninstall.sh.

Jadi, demikianlah cara memasang ADB Fastboot pada Mac OS. Pada dasarnya, aplikasi tersebut merupakan perantara antara smart phone android dan komputer Anda. Melalui ADB Fastboot yang sudah terinstall dalam komputer, Anda bisa dengan mudah mengontrol dan mengirimkan perintah tertentu pada smart phone. Sebagai contohnya ialah perintah untuk root dan un root ponsel Android.